Kinerja Piston dan Pengertian

Hasil gambar untuk piston

           Piston berfungsi sebagai alat penampang untuk menahan tekanan pada saat langah kompresi dan langkah tenaga.

Piston dapat digolongkan menurut :

           Bahannya: besi tuang, semi baja dan campuran alumunium
Bentuk puncak atau bentuk tamengnya: rata, , miring, atau cekung
Kelonggaran silinder: konstan atau berubah - ubah
Jumlah ring/cincinnya: dua, dan tiga



Cara Kerja Piston :
           Piston bergerak lurus bolak - balik didalam silinder bersama ring piston. Piston bisa bergerak turun naik karena ada proses langkah tenaga sehingga piston bisa turun naik. kemudian dari energi gerak piston turun naik kemudian dirubah menjadi energi putar dengan adanya stang piston kemudian diteruskan ke poros engkol ( Crank Shaft )


Perbedaan Piston Mesin 2 Tak, dan Piston Mesin 4 Tak


1. Piston Mesin 2 Tak


           Piston mesin 2 tak hanya mempunai 2 ring piston, yakni ring kompresi atas dan ring kompresi bawah. Piston 2 tak tidak mempunyai ring oli, karena pada mesin 2 tak Poros engkol, stang piston, piston dan komponen penggerak lainnya tidak terlumai engan oli mesin. Maka dari itu piston 2 tak tidak ring oli. Dengan oli samping lah komponen piston dilumasi.
Dan pada badan piston 2 tak biasanya ada yang biasa polos dan ada juga yang bolong - bolong.





2. Piston Mesin Bensin 4 Tak


           Piston mesin 4 tak pada umumnya memiliki 3 ring piston, yakni ring kompresi atas, ring kompresi bawah, dan ring oli. Berbeda dengan piston mesin 2 tak yang memiliki 2 ring piston. Karena mesin 4 tak komponen penggerak piston terlumasi dengan oli.
Pada permukaan atau tameng piston biasanya ada yang rata, miring atau cekung fungsinya sama saja sebagai ruang bakar.





           Nah itulah penjelasan dari saya mengenai Fungsi dan Cara Kerja Piston. Semoga tutorial saya ini bisa bermanfaat bagi anda semuanya. Jangan lupa kunjungi terus untuk mendapatkan ilmu otomotif lainnya.


Bilamana ada kata yang kurang mengerti atau ada sedikit masukan dari anda silahkan komen saja di komenatar yang ada dibawah postingan.
TERIMAKASIH
Share on Google Plus

About Admin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Recommended