Kinerja Sebuah Kopling Mobil

Hasil gambar untuk kopling mobil

        Pada dasarnya koling berfungsi sebagai penghubung dan pemutus putaran mesin dari roda gila ( play wheel ) ke transmisi.
Pada saat kopling dioprasikan / pedal kopling diinjak berarti kopling memutuskan putaran play whell. Sedangkan bilamana kopling tidak dioprasikan / pedal kopling tidak diinjak berarti kopling menghubungkan putaran mesin dari play wheel ke transmisi
Nama Komponen Utama Koling Mobil :
  1. Disc Clutch ( Plat Kopling )
  2. Cover Clutch ( Dekrup / Matahari )
  3. Release Bearing ( Laher )
  4. Shift Fork ( Dek Laher )
Disc Clutch ( Plat Kopling )

        Disck clutch atau sering disebut juga plat kopling berfungsi untuk meneruskan putaran mesin dari play wheel ke input shaft yang ada pada transmisi pada saat penghubungan daya.

Komponen - Komponen Disck Clutch :
  • Facing / Kampas Kopling, berfungsi sebagai bidang gesek anatara dua buah bidang yang berhubungan pada saat penghubungan daya
  • Revet, berfungsi untuk mengunci  dua buah facing dengan plate
  • Plate, berfungsi sebagai dudukan facing dan komponen disc clutch lainnya
  • Spring / Torsion Dumper, berfungsi untuk meredam hentakan pada saat penghubungan daya
  • Cushion Plate, berfungsi untuk melembutkan hentakan yang diterima spring / torsion dumper agar pertransperan daya kepada infut shaft terasa lembut
  • Clutch Hub, berfungsi sebagai poros input shaft dan sebagai penghubung putaran dari disc clutch ke input shaft
Cover Clutch ( Dekrup / Matahari )
        Cover Clutch atau sering disebut juga dekrup berfungsi untuk menekan / menghimpit disc clutch agar putaran dari play wheel bisa diteruskan ke input shaft pada saat penghubungn daya dan melepas hubungan disc clutch dengan pla wheel pada saat kopling dioprasikan sehingga terjadi pelepasan daya.
Komponen - Komponen Cover Clutch :
  • Pressure Plate, berfungsi sebagai bidang gesek dan penjepit disc clutch pada saat penghubungan daya
  • Spring Diaghfrahma, berfungsi sebagai pegas pelepas himpitan disc clutch pada saat pengoprasian kopling
  • Cover Clutch, berfungsi sebagai dudukan komponen - komponen yang ada pada cover clutch
Release Bearing ( Laher )


        Release bearing atau sering disebut laher kopling berfungsi sebagai bantalan yang menekan spring diaghfrahma pada saat pengoprasian kopling

Release Fork ( Dek Laher )


        Release fork atau sering disebut juga dek laher berfungsi sebagai garpu penggerak yang mendorong release bearing pada saat penginjakan pedal koling / kopling dioprasikan.

        Nah itulah 4 komponen utama Kopling Mobil beserta fungsinya.semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi anda semuanya.

        Dan jangan lupa kunjungi terus untuk mendapatkan ilmu otomotif lainnya.
Bilamana ada kata yang kurang dimengerti atau ada sedikit masukan dari anda silahkan komen saja di komenatar yang ada dibawah postingan.

TERIMAKASIH
Share on Google Plus

About Admin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Recommended