Kinerja Motor 4 Tak

Hasil gambar untuk motor animasi

         Motor 4 tak merupakan kontruksi mesin yang melakukan proses 4 langkah ( Hisap, kompresi, tanaga, dan Buang ), dua kali putaran poros engkol, satu kali putaran noken as dan satu kali pembakaran / tenaga.

Proses langakang motor 4 tak diantarana :

Langkah Hisap
         Piston bergerak dari titik mati atas ( TMA ) ke titik mati bawah ( TMB ), kemudian valve In membuka dan valve Ex menutup, sehingga bahan bakar dan udara yang sudah dirubah menjadi gas masuk kedalam ruang bakar melalui intake manifold.

Crank shaft berputar setengah putaran dari 0 derajat s/d 180 derajat
Cam shaft berputar dari 0 derajat s/d 90 derajat




Langkah Kompresi
         Piston bergerak dari titik mati bawah ( TMB ) menuju titik mati atas ( TMA ), kedua valve antara valve In dan valve Ex menutup sehingga gas yang ada diruang bakar dipangpatkan. Kemudian pada waktu piston mencapai 15 derajat sebelum titik mati atas ( TMA ) busi mulai memercikan bunga api yang menebabkan terjadinya ledakan diruang bakar.

Crank shaft berputar setengah putaran dari 180 drajat s/d 360 derajat
Cam shaft berputar dari 90 derajat s/d 180 derajat



Langkah Kerja / Tenaga
         Akibat pembakaran BB / gas yang menimbulkan tenga, piston bergerak dari TMA ke TMB, kedua valve IN dan EX tertutup. Pada gerakan ke - 3 ini barulah menghasilkan tenaga. gerakan ke-1, 2, dan 4 tidak menghasilkan tenaga samasekali malahan sebaliknya memerlukan tenaga untuk menggerakan. Oleh sebab itu gerakan ke- 3 disebut juga gerakan usaha, hasil ekspansi bahan bakar yang dibakar.

Crank shaft berputar setengah putaran lagi dari 360 derajat s/d 540 derajat
Cam shaft berputar lagi dari 180 s/d 270 derajat



         Langkah BuangLangkah buang menjadi sangat penting untuk menghasilkan operasi kinerja mesin yang lembut dan efisien. Piston bergerak dari TMB ke TMA untuk membuang semua sisa gas pembakaran yang ada diruang bakar kemudian disalurkan ke pipa kenalpot memalui valve Ex yang terbuka sedangkan valve IN tertutup.
Selanjutnya kembali lagi kelangkah satu ( Kompresi ) untuk menyambung tenaga yang selanjutnya.

Crank shatf berputar setenga lagi menuju 720 derajat
Camshat berputar lagi dari 270 derajat s/d 360 derajat



         Nah itulah penjelasan sederhananya mengenai pengertian dan cara kerja motor 4 tak, semoga yang saya share kan ini bermanfaat bagi kita semuanya. Dan jangan lupa terus kunjungi blog saya ini untuk mendapatkan ilmu otomotif lainnya
Share on Google Plus

About Admin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Recommended