Bahan Bahan Sebuah Kaburator

Hasil gambar untuk karburator

            Karburator merupakan salah satu dari komponen mesin yang berfungsi untuk mencampurkan bahan bakar dan udara kemudian dirubah menjadi bentuk gas.

            Bagi anda yang mempunyai kendaraan yang masih menggunakan sistem karburator baik itu mobil atau motor, apakah jenis campuran bahan bakar dan udara pada kendaraan anda, apakah anda sudah mengetahuinya? kali ini saya akan menjelaskan tentang beberapa campuran pada karburator.





Ada beberapa jenis campuran pada karburator diantaranya :


Campuran Ideal
Campuran Kurus
Campuran Gemuk
Campuran Ideal


            Campuran antara BB dan udara yang sesuai dengan kebutuhn kinerja mesin atau bisa disebut juga sesuai dengan setandar pabrik.
Perbandingan campuran ideal adalah satu gram BB berbanding dua belas sampai dengan 17 gram udara ( 1 : 12-17 )


Penyebab Campuran Ideal :

            Campuran BB dan udara yang pas sesuai dengan spesifikasi
Komponen karburator dalam keadaan bersih ( tidak ada hambatan )
Akibat Campuran Ideal :

Bahan bakar jadi irit
Tenaga maksimal
Mesin mudah hidup
Gas buang tidak pedih atau berasap
Campuran Kurus


            Campuran antara bahan bakar dan udara yang campurannya lebih banyak udaranya.
Perbandingan campuran kurus adalah satu gram BB berbanding lebih dari tujuh belas gram udara ( 1 : >17 )


Penyebab Campuran Kurus :

            Saluran BB pada karburator kotor atau tersumbat
Stelan angin pada karburator terlalu besar
Kemungkinan pada saluran angin pada karbu terjadi kebocoran
Akibat Campuran Kurus :

Engine / mesin susah hidup
Tidak ada tenaga / tidak maksimal
Gas buang pada kenalpot bau dan terasa pedih kalo kena mata
Campuran Gemuk


Campuran anatara bahan bakar dan udara yang campurannya lebih banyak bahan bakar.
Perbandingan campuran gemuk adalah satu gram BB berbanding kurang dari dua belas gram uadara ( 1 : <12 )


Penyebab Campuran Gemuk :

            Saluran masuk BB bakar pada karburator tidak tertutup rapat / terjadi kebocoran
Stelan pelampung ( floating ) pada karburator tidak maksimal, terlalu condong kebawah
Saluran Udara pada karburator kotor atau tersumbat sehingga uadara yang mengalir tidak maksimal
Akibat Campuran Gemuk :

Bensin Boros
Mesin brebet ( tersendat - sendat )
Mesin susah hidup
Keluar asap hitam
Bensin banjir
Tenaga kurang
Busi basah


            Setelah anda membaaca tutorial saya sampai dengan selesai kemudian langsuk cek motor anda, campuran BB dan udara nya termasuk ke golongan jenis apa ?


            Nah itulah tutorial mengenai macam - macam campuran BB dan udara pada karburator.

Semoga tutorial saya ini bisa bermanfaat bagi kita semuanya.
jangan lupa kunjungi terus untuk mendapatkan ilmu otomotif lainnya.


            Bilamana ada kata yang kurang mengerti atau ada sedikit masukan dari anda silahkan komen saja di komenatar yang ada dibawah.
TERIMAKASIH
Share on Google Plus

About Admin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Recommended