BMW AG (Jerman: [ˈbeːˈʔɛmˈveː]; awalnya merupakan inisialisasi untuk Bayerische Motoren Werke dalam bahasa Jerman, atau Bavarian Motor Works dalam bahasa Inggris) adalah perusahaan multinasional Jerman yang saat ini memproduksi mobil dan sepeda motor mewah, dan juga memproduksi mesin pesawat hingga tahun 1945.
Perusahaan ini didirikan pada 1916 dan berkantor pusat di Munich, Bavaria. BMW memproduksi kendaraan bermotor di Jerman, Brasil, Cina, India, Afrika Selatan, Inggris, dan Amerika Serikat. Pada 2015, BMW adalah produsen kendaraan bermotor terbesar kedua belas di dunia, dengan 2.279.503 kendaraan diproduksi. Keluarga Quandt adalah pemegang saham jangka panjang perusahaan, dengan sisa saham dimiliki oleh publik.
Mobil dipasarkan dengan merek BMW (dengan sub-merek BMW M untuk model kinerja dan BMW i untuk mobil listrik plug-in), Mini dan Rolls-Royce. Sepeda motor dipasarkan dengan merek BMW Motorrad.
Perusahaan ini memiliki sejarah olahraga motor yang signifikan, terutama dalam mobil tur, Formula 1, mobil sport dan Isle of Man TT
Nama BMW adalah singkatan untuk Bayerische Motoren Werke (pengucapan bahasa Jerman: [ˈbaɪ̯ʁɪʃə mɔˈtʰɔʁn̩ ˈvɛɐ̯kə] (dengarkan)). Nama Jerman tidak benar secara tata bahasa, karena Motorenwerke adalah kata tunggal dalam bahasa Jerman.
Perusahaan ini didirikan pada 1916 dan berkantor pusat di Munich, Bavaria. BMW memproduksi kendaraan bermotor di Jerman, Brasil, Cina, India, Afrika Selatan, Inggris, dan Amerika Serikat. Pada 2015, BMW adalah produsen kendaraan bermotor terbesar kedua belas di dunia, dengan 2.279.503 kendaraan diproduksi. Keluarga Quandt adalah pemegang saham jangka panjang perusahaan, dengan sisa saham dimiliki oleh publik.
Mobil dipasarkan dengan merek BMW (dengan sub-merek BMW M untuk model kinerja dan BMW i untuk mobil listrik plug-in), Mini dan Rolls-Royce. Sepeda motor dipasarkan dengan merek BMW Motorrad.
Perusahaan ini memiliki sejarah olahraga motor yang signifikan, terutama dalam mobil tur, Formula 1, mobil sport dan Isle of Man TT
Nama BMW adalah singkatan untuk Bayerische Motoren Werke (pengucapan bahasa Jerman: [ˈbaɪ̯ʁɪʃə mɔˈtʰɔʁn̩ ˈvɛɐ̯kə] (dengarkan)). Nama Jerman tidak benar secara tata bahasa, karena Motorenwerke adalah kata tunggal dalam bahasa Jerman.
Istilah Bayerische Motorenwerke (yang telah digunakan dalam beberapa publikasi dan iklan Jerman di masa lalu ) diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai Bavarian Motor Works, yang telah digunakan oleh BMW untuk memasarkan produk-produk di negara-negara berbahasa Inggris.Sufiks AG, kependekan dari Aktiengesellschaft, menandakan entitas berbadan hukum yang dimiliki oleh pemegang saham.
Logo atau lingkaran bundar biru dan putih BMW berevolusi dari logo melingkar perusahaan Rapp Motorenwerke, dari mana perusahaan BMW tumbuh, dikombinasikan dengan warna biru dan putih dari bendera Bavaria. Logo BMW yang masih digunakan sampai sekarang dibuat pada tahun 1917, meskipun dengan berbagai perubahan gaya kecil.
Asal usul logo sering dianggap sebagai penggambaran pergerakan baling-baling pesawat terbang dengan bilah putih memotong langit biru. Namun, penggambaran ini pertama kali digunakan dalam iklan BMW pada tahun 1929 - dua belas tahun setelah logo dibuat - jadi ini bukan asal dari logo itu sendiri.
Istilah Beemer, Bimmer dan Bee-em umumnya digunakan untuk bahasa Inggris dan kadang-kadang digunakan secara bergantian untuk mobil dan sepeda motor. Di Amerika Serikat, beberapa orang meresepkan "beemer" harus digunakan khusus untuk sepeda motor dan "bimmer" harus digunakan untuk mobil. Beberapa dari orang-orang ini mengklaim bahwa "pecinta sejati" membuat perbedaan ini dan mereka yang tidak "tidak tahu."
Logo atau lingkaran bundar biru dan putih BMW berevolusi dari logo melingkar perusahaan Rapp Motorenwerke, dari mana perusahaan BMW tumbuh, dikombinasikan dengan warna biru dan putih dari bendera Bavaria. Logo BMW yang masih digunakan sampai sekarang dibuat pada tahun 1917, meskipun dengan berbagai perubahan gaya kecil.
Asal usul logo sering dianggap sebagai penggambaran pergerakan baling-baling pesawat terbang dengan bilah putih memotong langit biru. Namun, penggambaran ini pertama kali digunakan dalam iklan BMW pada tahun 1929 - dua belas tahun setelah logo dibuat - jadi ini bukan asal dari logo itu sendiri.
Istilah Beemer, Bimmer dan Bee-em umumnya digunakan untuk bahasa Inggris dan kadang-kadang digunakan secara bergantian untuk mobil dan sepeda motor. Di Amerika Serikat, beberapa orang meresepkan "beemer" harus digunakan khusus untuk sepeda motor dan "bimmer" harus digunakan untuk mobil. Beberapa dari orang-orang ini mengklaim bahwa "pecinta sejati" membuat perbedaan ini dan mereka yang tidak "tidak tahu."
Penggunaan media arus utama di Amerika Utara juga bervariasi, misalnya The Globe dan Mail of Canada lebih suka Bimmer dan menyebut Beemer sebagai "kekejian yuppie", dan Tacoma News Tribune mengatakan bahwa "sok otomatis" yang menggunakan istilah ini untuk membedakan antara mobil dan motor
BMW mulai memproduksi mesin sepeda motor dan kemudian sepeda motor setelah Perang Dunia I. Merek sepeda motornya sekarang dikenal sebagai BMW Motorrad. Sepeda motor pertama yang sukses setelah Helios dan Flink yang gagal, adalah "R32" pada tahun 1923, meskipun awalnya produksi dimulai pada tahun 1921.
BMW mulai memproduksi mesin sepeda motor dan kemudian sepeda motor setelah Perang Dunia I. Merek sepeda motornya sekarang dikenal sebagai BMW Motorrad. Sepeda motor pertama yang sukses setelah Helios dan Flink yang gagal, adalah "R32" pada tahun 1923, meskipun awalnya produksi dimulai pada tahun 1921.
Ini memiliki mesin kembar "petinju", di mana sebuah silinder memproyeksikan aliran udara dari setiap sisi mesin. Terlepas dari model silinder tunggal mereka (pada dasarnya dengan pola yang sama), semua sepeda motor mereka menggunakan tata letak yang khas ini hingga awal 1980-an. Banyak BMW masih diproduksi dalam tata letak ini, yang ditunjuk Seri R.
Selama Perang Dunia Kedua, BMW memproduksi sepeda motor BMW R75 dengan sespan yang terpasang. Memiliki desain unik yang disalin dari Zündapp KS750, roda sespannya juga digerakkan motor. Dikombinasikan dengan diferensial yang dapat dikunci, ini membuat kendaraan ini sangat mampu di luar jalan, setara dalam banyak hal dengan Jeep.
Pada tahun 1982, datang Seri K, penggerak poros tetapi berpendingin air dan dengan tiga atau empat silinder dipasang pada garis lurus dari depan ke belakang. Tak lama setelah itu, BMW juga mulai membuat seri F dan G yang digerakkan rantai dengan mesin Rotax kembar tunggal dan paralel.
Pada awal 1990-an, BMW memperbarui mesin Boxer airhead yang kemudian dikenal sebagai oilhead. Pada tahun 2002, mesin oilhead memiliki dua busi per silinder. Pada tahun 2004 ia menambahkan poros keseimbangan bawaan, peningkatan kapasitas menjadi 1.170 cc dan meningkatkan kinerja menjadi 100 hp (75 kW) untuk R1200GS, dibandingkan dengan 85 hp (63 kW) dari R1150GS sebelumnya.
Selama Perang Dunia Kedua, BMW memproduksi sepeda motor BMW R75 dengan sespan yang terpasang. Memiliki desain unik yang disalin dari Zündapp KS750, roda sespannya juga digerakkan motor. Dikombinasikan dengan diferensial yang dapat dikunci, ini membuat kendaraan ini sangat mampu di luar jalan, setara dalam banyak hal dengan Jeep.
Pada tahun 1982, datang Seri K, penggerak poros tetapi berpendingin air dan dengan tiga atau empat silinder dipasang pada garis lurus dari depan ke belakang. Tak lama setelah itu, BMW juga mulai membuat seri F dan G yang digerakkan rantai dengan mesin Rotax kembar tunggal dan paralel.
Pada awal 1990-an, BMW memperbarui mesin Boxer airhead yang kemudian dikenal sebagai oilhead. Pada tahun 2002, mesin oilhead memiliki dua busi per silinder. Pada tahun 2004 ia menambahkan poros keseimbangan bawaan, peningkatan kapasitas menjadi 1.170 cc dan meningkatkan kinerja menjadi 100 hp (75 kW) untuk R1200GS, dibandingkan dengan 85 hp (63 kW) dari R1150GS sebelumnya.
Varian yang lebih kuat dari mesin oilhead tersedia di R1100S dan R1200S, masing-masing memproduksi 98 dan 122 hp (73 dan 91 kW).
Pada tahun 2004, BMW memperkenalkan K1200S Sports Bike baru yang menandai keberangkatan untuk BMW. Itu mesin yang memproduksi 167 hp (125 kW), berasal dari pekerjaan perusahaan dengan tim Williams F1, dan lebih ringan dari model K sebelumnya.
Pada tahun 2004, BMW memperkenalkan K1200S Sports Bike baru yang menandai keberangkatan untuk BMW. Itu mesin yang memproduksi 167 hp (125 kW), berasal dari pekerjaan perusahaan dengan tim Williams F1, dan lebih ringan dari model K sebelumnya.
Inovasi meliputi suspensi depan dan belakang yang dapat disetel secara elektronik, dan garpu depan tipe Hossack yang oleh BMW disebut Duolever.
BMW memperkenalkan rem anti-lock pada sepeda motor produksi mulai akhir 1980-an. Generasi rem anti-kunci yang tersedia pada sepeda motor BMW 2006 dan kemudian membuka jalan bagi pengenalan kontrol stabilitas elektronik, atau teknologi anti-selip di tahun model 2007.
BMW telah menjadi inovator dalam desain suspensi sepeda motor, mengambil suspensi depan teleskopik jauh sebelum kebanyakan produsen lain. Kemudian mereka beralih ke garpu Earles, suspensi depan dengan garpu ayun (1955 hingga 1969).
BMW memperkenalkan rem anti-lock pada sepeda motor produksi mulai akhir 1980-an. Generasi rem anti-kunci yang tersedia pada sepeda motor BMW 2006 dan kemudian membuka jalan bagi pengenalan kontrol stabilitas elektronik, atau teknologi anti-selip di tahun model 2007.
BMW telah menjadi inovator dalam desain suspensi sepeda motor, mengambil suspensi depan teleskopik jauh sebelum kebanyakan produsen lain. Kemudian mereka beralih ke garpu Earles, suspensi depan dengan garpu ayun (1955 hingga 1969).
Sebagian besar BMW modern benar-benar swingarm belakang, satu sisi di belakang (bandingkan dengan garpu ayun biasa biasanya, dan salah, disebut lengan ayun). Beberapa BMW mulai menggunakan desain suspensi depan merek dagang lainnya, Telelever, pada awal 1990-an. Seperti garpu Earles, Telelever secara signifikan mengurangi penyelaman di bawah pengereman.
BMW Group, pada 31 Januari 2013, mengumumkan bahwa Pierer Industrie AG telah membeli Husqvarna dengan jumlah yang tidak diungkapkan, yang tidak akan diungkapkan oleh salah satu pihak di masa depan. Perusahaan ini dipimpin oleh Stephan Pierer (CEO KTM). Pierer Industrie AG adalah 51% pemilik KTM dan 100% pemilik Husqvarna
BMW i adalah sub-merek BMW yang didirikan pada 2011 untuk merancang dan memproduksi kendaraan listrik plug-in.Rencana awal sub-merek menyerukan pembebasan dua kendaraan; produksi seri mobil all-electric BMW i3 dimulai pada September 2013, dan peluncuran pasar berlangsung pada November 2013 dengan pengiriman ritel pertama di Jerman. Mobil sport plug-in hybrid BMW i8 diluncurkan di Jerman pada Juni 2014.
Pada tahun 2014, BMW mengembangkan prototipe lampu jalan yang dilengkapi soket listrik untuk mengisi daya mobil listrik, yang disebut Light and Charge. Dua dari fasilitas pengisian ini dipasang di kantor pusat BMW di Munich.
BMW Group, pada 31 Januari 2013, mengumumkan bahwa Pierer Industrie AG telah membeli Husqvarna dengan jumlah yang tidak diungkapkan, yang tidak akan diungkapkan oleh salah satu pihak di masa depan. Perusahaan ini dipimpin oleh Stephan Pierer (CEO KTM). Pierer Industrie AG adalah 51% pemilik KTM dan 100% pemilik Husqvarna
BMW i adalah sub-merek BMW yang didirikan pada 2011 untuk merancang dan memproduksi kendaraan listrik plug-in.Rencana awal sub-merek menyerukan pembebasan dua kendaraan; produksi seri mobil all-electric BMW i3 dimulai pada September 2013, dan peluncuran pasar berlangsung pada November 2013 dengan pengiriman ritel pertama di Jerman. Mobil sport plug-in hybrid BMW i8 diluncurkan di Jerman pada Juni 2014.
Pada tahun 2014, BMW mengembangkan prototipe lampu jalan yang dilengkapi soket listrik untuk mengisi daya mobil listrik, yang disebut Light and Charge. Dua dari fasilitas pengisian ini dipasang di kantor pusat BMW di Munich.
Pada 2015, BMW bekerja sama dengan Grup SCHERM telah mulai mengerahkan truk listrik di jalan-jalan Eropa, menjadikannya perusahaan pertama yang melakukannya. Truk itu sendiri diproduksi oleh Terberg Group, salah satu pemasok kendaraan spesialis independen terbesar di dunia.
Gabungan penjualan model merek BMW i mencapai tonggak 50.000 unit pada Januari 2016. Dua tahun setelah diperkenalkan, BMW i3 berada di peringkat ketiga sebagai mobil listrik terlaris ketiga di dunia dalam sejarah.Penjualan global BMW i3 mencapai tonggak 50.000 unit pada Juli 2016.
Pada bulan Februari 2016, BMW mengumumkan pengenalan penunjukan model "iPerformance", yang akan diberikan kepada semua kendaraan hybrid plug-in BMW mulai Juli 2016. Tujuannya adalah untuk memberikan indikator yang terlihat dari transfer teknologi dari BMW i ke Merek inti BMW.
Gabungan penjualan model merek BMW i mencapai tonggak 50.000 unit pada Januari 2016. Dua tahun setelah diperkenalkan, BMW i3 berada di peringkat ketiga sebagai mobil listrik terlaris ketiga di dunia dalam sejarah.Penjualan global BMW i3 mencapai tonggak 50.000 unit pada Juli 2016.
Pada bulan Februari 2016, BMW mengumumkan pengenalan penunjukan model "iPerformance", yang akan diberikan kepada semua kendaraan hybrid plug-in BMW mulai Juli 2016. Tujuannya adalah untuk memberikan indikator yang terlihat dari transfer teknologi dari BMW i ke Merek inti BMW.
Penunjukan baru akan digunakan pertama pada varian plug-in hybrid BMW Seri 7 terbaru. Penjualan global semua model listrik plug-in BMW mencapai 100.000 unit tonggak pada awal November 2016, yang terdiri dari lebih dari 60.000 BMW i3s, lebih dari 10.000 BMW i8s, dan sekitar 30.000 dari penjualan gabungan semua model hibrida plug-in BMW iPerformance.
Pada November 2016, empat model listrik BMW telah dirilis, BMW X5 xDrive40e iPerformance, BMW 225xe iPerformance Active Tourer, BMW 330e iPerformance, dan BMW 740e iPerformance.BMW 530e iPerformance dijadwalkan akan dirilis di Eropa Maret 2017 sebagai bagian dari jajaran BMW Seri 5 generasi ketujuh yang akan datang.
Pada November 2016, empat model listrik BMW telah dirilis, BMW X5 xDrive40e iPerformance, BMW 225xe iPerformance Active Tourer, BMW 330e iPerformance, dan BMW 740e iPerformance.BMW 530e iPerformance dijadwalkan akan dirilis di Eropa Maret 2017 sebagai bagian dari jajaran BMW Seri 5 generasi ketujuh yang akan datang.
Penjualan global semua model listrik plug-in mencapai 100.000 unit tonggak pada awal November 2016, terdiri dari lebih dari 60.000 i3s, lebih dari 10.000 i8s, dan sekitar 30.000 dari penjualan gabungan semua model hibrida plug-in BMW iPerformance.
Gabungan penjualan global model kelistrikan BMW berjumlah lebih dari 62.000 unit pada 2016,dan 103.080 pada 2017, termasuk kendaraan berlistrik merek MINI. Penjualan global kumulatif kendaraan elektrik BMW Group melewati tonggak 250.000 unit pada April 2018
Markas besar BMW di Munich mewakili kepala silinder dari mesin 4 silinder. Ini dirancang oleh Karl Schwanzer dan selesai pada tahun 1972. Bangunan ini telah menjadi ikon Eropa dan dinyatakan sebagai bangunan bersejarah yang dilindungi pada tahun 1999. Menara utama terdiri dari empat silinder vertikal yang berdiri di samping dan berseberangan satu sama lain. Setiap silinder dibagi secara horizontal di tengahnya oleh cetakan di fasad. Khususnya, silinder ini tidak berdiri di tanah; mereka ditangguhkan di menara pendukung pusat.
Museum BMW adalah bangunan berbentuk kuali futuristik, yang juga dirancang oleh Karl Schwanzer dan dibuka pada tahun 1972.Interiornya memiliki tema spiral dan atapnya adalah logo BMW berdiameter 40 meter.
Ruang pameran BMW di Munich, BMW Welt, dirancang oleh Coop Himmelb (l) au dan dibuka pada tahun 2007. Ini mencakup ruang pamer dan platform pengangkat tempat mobil baru pelanggan secara teatrikal diluncurkan ke pelanggan.
BMW memproduksi mobil lengkap di pabriknya di Jerman (Munich, Dingolfing (BMW Group Plant Dingolfing), Regensburg dan Leipzig), Amerika Serikat (Greer, South Carolina), Meksiko (San Luis Potosi), Afrika Selatan ( Rosslyn), dan China (Shenyang). BMW juga memiliki operasi perakitan lokal menggunakan komponen knock down lengkap di Thailand, Rusia, Mesir, Indonesia, Malaysia, dan India (Chennai), untuk seri 3, 5, 7 dan X3.
Pada tahun 2006, grup BMW (termasuk Mini dan Rolls-Royce) menghasilkan 1.366.838 kendaraan roda empat, yang diproduksi di lima negara. Pada 2010, ia memproduksi 1.481.253 kendaraan roda empat dan 112.271 sepeda motor (di bawah merek BMW dan Husqvarna).
BMW Motorcycles sedang diproduksi di pabrik Berlin perusahaan, yang sebelumnya telah memproduksi mesin pesawat terbang untuk Siemens.
Pada 2011, sekitar 56% kendaraan merek BMW yang diproduksi ditenagai oleh mesin bensin dan 44% sisanya ditenagai oleh mesin diesel. Dari kendaraan bensin itu, sekitar 27% adalah model empat silinder dan sekitar sembilan persen adalah model delapan silinder. Rata-rata, 9.000 kendaraan per hari keluar dari pabrik BMW, dan 63% diangkut dengan kereta api
BMW adalah sponsor utama pameran Seni Sepeda Motor 1998 di Solomon R. Guggenheim Museum dan museum Guggenheim lainnya, meskipun hubungan keuangan antara BMW dan Guggenheim dikritik di banyak tempat.
Pada 2012, BMW mulai mensponsori produksi Kolektor Independen dari Panduan Seni BMW, yang merupakan panduan global pertama untuk koleksi seni kontemporer yang dapat diakses secara publik dan publik di seluruh dunia. Edisi 2016 menampilkan 256 koleksi dari 43 negara.
Markas besar BMW di Munich mewakili kepala silinder dari mesin 4 silinder. Ini dirancang oleh Karl Schwanzer dan selesai pada tahun 1972. Bangunan ini telah menjadi ikon Eropa dan dinyatakan sebagai bangunan bersejarah yang dilindungi pada tahun 1999. Menara utama terdiri dari empat silinder vertikal yang berdiri di samping dan berseberangan satu sama lain. Setiap silinder dibagi secara horizontal di tengahnya oleh cetakan di fasad. Khususnya, silinder ini tidak berdiri di tanah; mereka ditangguhkan di menara pendukung pusat.
Museum BMW adalah bangunan berbentuk kuali futuristik, yang juga dirancang oleh Karl Schwanzer dan dibuka pada tahun 1972.Interiornya memiliki tema spiral dan atapnya adalah logo BMW berdiameter 40 meter.
Ruang pameran BMW di Munich, BMW Welt, dirancang oleh Coop Himmelb (l) au dan dibuka pada tahun 2007. Ini mencakup ruang pamer dan platform pengangkat tempat mobil baru pelanggan secara teatrikal diluncurkan ke pelanggan.
BMW memproduksi mobil lengkap di pabriknya di Jerman (Munich, Dingolfing (BMW Group Plant Dingolfing), Regensburg dan Leipzig), Amerika Serikat (Greer, South Carolina), Meksiko (San Luis Potosi), Afrika Selatan ( Rosslyn), dan China (Shenyang). BMW juga memiliki operasi perakitan lokal menggunakan komponen knock down lengkap di Thailand, Rusia, Mesir, Indonesia, Malaysia, dan India (Chennai), untuk seri 3, 5, 7 dan X3.
Pada tahun 2006, grup BMW (termasuk Mini dan Rolls-Royce) menghasilkan 1.366.838 kendaraan roda empat, yang diproduksi di lima negara. Pada 2010, ia memproduksi 1.481.253 kendaraan roda empat dan 112.271 sepeda motor (di bawah merek BMW dan Husqvarna).
BMW Motorcycles sedang diproduksi di pabrik Berlin perusahaan, yang sebelumnya telah memproduksi mesin pesawat terbang untuk Siemens.
Pada 2011, sekitar 56% kendaraan merek BMW yang diproduksi ditenagai oleh mesin bensin dan 44% sisanya ditenagai oleh mesin diesel. Dari kendaraan bensin itu, sekitar 27% adalah model empat silinder dan sekitar sembilan persen adalah model delapan silinder. Rata-rata, 9.000 kendaraan per hari keluar dari pabrik BMW, dan 63% diangkut dengan kereta api
BMW adalah sponsor utama pameran Seni Sepeda Motor 1998 di Solomon R. Guggenheim Museum dan museum Guggenheim lainnya, meskipun hubungan keuangan antara BMW dan Guggenheim dikritik di banyak tempat.
Pada 2012, BMW mulai mensponsori produksi Kolektor Independen dari Panduan Seni BMW, yang merupakan panduan global pertama untuk koleksi seni kontemporer yang dapat diakses secara publik dan publik di seluruh dunia. Edisi 2016 menampilkan 256 koleksi dari 43 negara.
0 komentar:
Post a Comment