Toyota Motor Corporation



               Toyota Motor Corporation (Jepang: ト ヨ タ 自動 車 株式会社 Hepburn: Toyota Jidōsha KK, IPA: [toꜜjota], Inggris: / tɔɪˈoʊtə /) adalah pabrikan otomotif multinasional Jepang yang berkantor pusat di Toyota City, Aichi, Jepang. 

               Pada 2017, struktur perusahaan Toyota terdiri dari 364.445 karyawan di seluruh dunia  dan, pada September 2018, merupakan perusahaan terbesar keenam di dunia berdasarkan pendapatan. Pada 2017, Toyota adalah produsen otomotif terbesar kedua di dunia. 

              Toyota adalah produsen mobil pertama di dunia yang memproduksi lebih dari 10 juta kendaraan per tahun yang telah dilakukan sejak 2012, ketika ia juga melaporkan produksi kendaraannya yang ke-200 juta. Pada Juli 2014, Toyota adalah perusahaan terdaftar terbesar di Jepang berdasarkan kapitalisasi pasar (bernilai SoftBank lebih dari dua kali lipat peringkat # 2) dan berdasarkan pendapatan.

               Toyota adalah pemimpin pasar dunia dalam penjualan kendaraan listrik hibrida, dan salah satu perusahaan terbesar yang mendorong adopsi pasar massal kendaraan hibrida di seluruh dunia. Toyota juga merupakan pemimpin pasar dalam kendaraan sel bahan bakar hidrogen. 

                Penjualan global kumulatif model mobil penumpang hibrida Toyota dan Lexus mencapai 10 juta tonggak pada Januari 2017. Keluarga Prius adalah papan nama hybrid terlaris di dunia dengan lebih dari 6 juta unit terjual di seluruh dunia pada Januari 2017

                Perusahaan ini didirikan oleh Kiichiro Toyoda pada tahun 1937, sebagai spin-off dari perusahaan ayahnya Toyota Industries untuk membuat mobil. Tiga tahun sebelumnya, pada 1934, ketika masih menjadi departemen di Toyota Industries, ia menciptakan produk pertamanya, mesin Tipe A, dan mobil penumpang pertamanya pada tahun 1936, Toyota AA. Toyota Motor Corporation memproduksi kendaraan di bawah lima merek, termasuk merek Toyota, Hino, Lexus, Ranz, dan Daihatsu. 

              Ini juga memegang 16,66% saham di Subaru Corporation, 5,9% saham di Isuzu, serta usaha patungan dengan dua di China (GAC Toyota dan Sichuan FAW Toyota Motor), satu di India (Toyota Kirloskar), satu di Ceko Republic (TPCA), bersama dengan beberapa perusahaan "nonautomotive". TMC adalah bagian dari Grup Toyota, salah satu konglomerat terbesar di Jepang

              Toyota berkantor pusat di Toyota City, Aichi. Markas utama Toyota terletak di gedung 4 lantai di Toyota. Pada 2006, kantor pusat memiliki logo Toyota "Toyopet" dan tulisan "Toyota Motor". 

              Toyota Technical Center, sebuah bangunan 14 lantai, dan pabrik Honsha, pabrik kedua Toyota yang terlibat dalam produksi massal dan sebelumnya bernama pabrik Koromo, berdekatan satu sama lain di lokasi dekat markas. 

              Vinod Jacob dari The Hindu menggambarkan bangunan markas utama sebagai "sederhana". Pada 2013, kepala perusahaan Akio Toyoda melaporkan bahwa mereka kesulitan mempertahankan karyawan asing di kantor pusat karena kurangnya fasilitas di kota.

              Kantornya di Tokyo berlokasi di Bunkyo, Tokyo. Kantornya di Nagoya berlokasi di Nakamura-ku, Nagoya. Selain membuat mobil, Toyota menyediakan layanan keuangan melalui divisi Layanan Keuangan Toyota, dan juga membuat robot.

Presiden Toyota Motor Company:

Rizaburo Toyoda (1937–1941)

Kiichiro Toyoda (1941–1950)

Taizo Ishida (1950–1961)

Fukio Nakagawa (1961–1967)

Eiji Toyoda (1967–1981)

             Pada tahun 1981, Toyota Motor Co., Ltd. mengumumkan rencana untuk bergabung dengan entitas penjualannya Toyota Motor Sales Co., Ltd. Sejak tahun 1950, kedua entitas tersebut telah berdiri sebagai perusahaan terpisah sebagai prasyarat untuk rekonstruksi di Jepang pascaperang.

             Shoichiro Toyoda memimpin Toyota Motor Sales dalam persiapan untuk penyempurnaan merger yang terjadi pada tahun 1982. Shoichiro kemudian menggantikan pamannya Eiji sebagai Presiden organisasi gabungan yang kemudian dikenal sebagai Toyota Motor Corporation.


Presiden Toyota Motor Corporation:


Eiji Toyoda (1981)

Shoichiro Toyoda (1982–1992) [15]

Tatsuro Toyoda (1992–1995) [15]

Hiroshi Okuda (1995–1999)

Fujio Cho (1999–2005)

Katsuaki Watanabe (2005–2009)

Akio Toyoda (2009 – sekarang)


Ketua Toyota Motor Corporation:

Shoichiro Toyoda (1992–1999)

Hiroshi Okuda (1999–2006)

Fujio Cho (2006–2013)

Takeshi Uchiyamada (2013 – sekarang)

              Pada 14 Juni 2013, Toyota Motor Corporation. mengumumkan pengangkatan anggota dewan eksternal; ini adalah yang pertama untuk korporasi dan terjadi setelah persetujuan dari pemegang saham umum pada pertemuan pada hari yang sama. 

              Selain itu, Wakil Ketua Takeshi Uchiyamada menggantikan Fujio Cho sebagai ketua, karena yang terakhir menjadi ketua kehormatan sementara Toyoda tetap di jabatan Presiden.

              Toyota diperdagangkan secara publik di bursa Tokyo, Osaka, Nagoya, Fukuoka, dan Sapporo dengan kode perusahaan TYO: 7203. Selain itu, Toyota terdaftar di luar negeri di Bursa Efek New York di bawah NYSE: TM dan di London Stock Exchange di bawah LSE : TYT. Toyota telah diperdagangkan secara publik di Jepang sejak 1949 dan secara internasional sejak 1999

               Pada tahun 1936, Toyota memasuki pasar mobil penumpang dengan Model AA dan mengadakan kompetisi untuk membuat logo baru yang menekankan kecepatan untuk lini produk barunya.

             Setelah menerima 27.000 entri, satu dipilih yang juga menghasilkan perubahan moniker menjadi "Toyota" dari nama keluarga "Toyoda". Nama baru itu diyakini terdengar lebih baik, dan hitungan delapan tak dalam bahasa Jepang dikaitkan dengan kekayaan dan keberuntungan. Logo asli tidak lagi ditemukan pada kendaraannya tetapi tetap menjadi lambang perusahaan yang digunakan di Jepang.

               Setelah menerima 27.000 entri, satu dipilih yang juga menghasilkan perubahan moniker menjadi "Toyota" dari nama keluarga "Toyoda". Nama baru itu membantah pembicaraan lebih baik, dan penghitungan tak terbagi dalam bahasa Jepang perjuangan dengan kekayaan dan keberuntungan. Logo asli tidak lagi ditemukan di kendaraannya tetapi tetap menjadi perusahaan yang digunakan di Jepang.

               Namun, tidak ada petunjuk untuk penggunaan merek, sehingga "TOYOTA", yang digunakan di sebagian besar dunia, menyebabkan inkonsistensi dalam kampanye pemasarannya di seluruh dunia.

              Untuk memperbaiki ini, Toyota memperkenalkan logo di seluruh dunia baru pada Oktober 1989 untuk memperingati tahun ke-50 perusahaan, dan untuk membedakannya dari merek mewah Lexus yang baru dirilis. Logo tersebut memulai debutnya pada Toyota Celsior 1989 dan dengan cepat mendapatkan pengakuan dunia. 

            Tiga oval di logo baru bergabung membentuk huruf "T", yang merupakan kepanjangan dari Toyota. Tumpang tindih dari dua oval tegak lurus di dalam oval yang lebih besar mewakili hubungan yang saling menguntungkan dan kepercayaan antara pelanggan dan perusahaan sementara oval yang lebih besar di sekitar kedua oval batin ini merupakan "ekspansi global teknologi Toyota dan potensi tak terbatas untuk masa depan".

             Logo baru mulai muncul di semua materi cetak, iklan, signage signage, dan sebagian besar kendaraan sendiri pada tahun 1990.

            Di negara atau wilayah yang menggunakan karakter Cina tradisional, mis. Hong Kong dan Taiwan, Toyota dikenal sebagai "豐田". Di negara-negara yang menggunakan karakter Cina yang disederhanakan (mis. Cina, Singapura), Toyota menulis sebagai "丰田"(diucapkan sebagai Fēngtián dalam bahasa Mandarin Cina dan Hɔng Tshan dalam bahasa Minnan). Ini adalah karakter yang sama dengan nama keluarga pendiri "Toyoda" dalam bahasa Jepang
Share on Google Plus

About Admin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Recommended